21/04/2024

INFOSYARIAH – Program Berkah Ramadhan 1.000 Hadiah BPRS HIK Parahyangan, kembali tayang di Channel Youtube Madaniacoid. Acara yang disiarkan secara live di Instagram dan TikTok BPRS HIK Paeahyangan ikali ini, mengangkat tema bersama Ust Agus Wirakusumah M.PDi dengan mengangkat tema, Meningkatkan kecintaan kita terhadap Allah di bulan Ramadan.

Dijelaskan, bulan ramadhan merupakan bulan yang mulia dan bulan yang penuh berkah. Dalam kajian ini, Ust Agus Wirakusumah M.PDi mengatan, Memasuki 10 hari ke dua di bulan ramadan, berarti telah masuk pada periode kedua, sebagai bulan yang penuh keberkahan.

“10 pertama itu adalah Syahrul magfir, yang kedua sekarang Sahrul Barokah bulan yang penuh dengan ampunan dan penuh keberkahan,” katanya.

Lalu, bagaimana agar kita menjadi hamba Allah yang senantiasa dicintai oleh Allah subhanahu wa taala utamanya di bulan suci Ramadan.

“ini di mana kita tahu bahwa bulan suci Ramadan ada kalau bahasa kita itu harapan Ya Allah subhanahu wa taala itu berharap Allah subhanaha itu berkehendak bahwa dengan diwajibkannya puasa di bulan Ramadan ini” papar Ust Agus Wirakusumah M.PDi.

Ia menambahkan, sebagaimana disebutkan dalam firman Allah surah Albaqarah ayat 183 di ujung ayatnya laallakum tattaquun yang artinya,
Hai orang-orang yang beriman diperintahkan atasmu diwajibkan kepadamu untuk di bulan suci Ramadan untuk melaksanakan puasa harapannya laakum tattaqun supaya kalian menjadi orang-orang yang takwa.

*Nah orang takwa inilah adalah orang-orang yang dicintai oleh Allah subhanahu wa taala,” lanjutnya.

Selain orang yang bertakwa orang yang dicintai oleh Allah subhanahu wa taala, kata Ust Agus Wirakusumah M.PDi, ada juga orang yang disebut Muhsinin, yaitu orang-orang yang berbuat baik.

“Siapakah itu Muhsinin? Di dalam al-qur’an surah Ali Imran ayat 134 disebutkan ada tiga karakter orang-orang yang baik orang-orang yang dicintai oleh Allah subhanahu wa taala, ” ungkapnya.

Yang pertama, kata dia, adalah alladzina yunfiquuna Fari. Yaitu orang-orang yang membelanjakan hartanya atau menafkahkan atau membelanjakan hartanya di jalan Allah, baik dalam keadaan sempit maupun dalam keadaan lapang.

Umat Islam yang dicintai Allah yang kedua, kata Ust Agus Wirakusumah adalah orang yang mampu meredam amarah dan hawa nafsu. Menurutnya, hal tersebur juga menjadi salah satu hikmah ibadah shaum.

“Bagaimana cara meredam amarah dan hawa nafsu? ini bisa kita lakulan dengan cara sabar dan memetik hikmah dari setiap kejadian yang dialami. Tentu ini tidak bisa instan tapi harus dilatih. Nah puasa di bulan Ramadhan ini menjadi bagian dari upaya melatih diri setiap muslim untuk meredam hawa nafsu, ” paparnya.

Yang ketiga, lanjut dia, orang yang baik adalah yang akan dicintai oleh Allah subhanahu wa taala. Menurutnya, hal itu yang termaktud dalam Alquran surah Al Imran ayat 134 yang artinya memaafkan kepada manusia yang bersalah.

“Tentunya kalau yang tidak bersalah ya enggak usah dimaafkan, tapi ini memaafkan kepada manusia-manusia lain yang bersalah,” jelasnya.

Usai pemaparan kajian, program berkah ramadhan BPRS HIK Parahyangan dilanjutkan dengan pengundian dan pengumuman pemenang hadiah. Selengkapnya mengenai pengundian dan penymuman pemenang dapat disaksikan melalui link berikut ini:

https://www.youtube.com/watch?v=9ZdpcJLkH9U

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *